Penyerahan Berita Acara Usai Kegiatan Evaluasi Lapangan Akreditasi Prodi Hukum oleh Asesor BAN-PT (Dok.Humas UNIMUGO)

 

Gombong UNIMUGO – Program Studi Hukum Program Sarjana, Fakultas Sains dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) menggelar asesmen lapangan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada hari Kamis – Sabtu, 12 – 14 Oktober 2023.

Memasuki tahun ketiga Prodi Hukum UNIMUGO berdiri, BAN-PT berkunjung untuk melaksanakan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi. BAN-PT mengirimkan dua orang asesor yakni Prof. Dr. Toto Tohir S.H., M.H dan Prof. Dr. Syamsul Bachri, S.H. M.H.

Kunjungan asesmen lapangan diterima langsung oleh Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep dengan didampingi Wakil Rektor I-IV dan Dekan Fakultas Sains Humaniora (FASAHUM) Diah Astutiningrum, M.Kep, Kaprodi Hukum Deni Setiawan, M.H dan Tim Task Force Akreditasi Prodi Hukum.

“Program Studi Hukum Program Sarjana, Fakultas Sains dan Humaniora saat ini memasuki tahun ke tiga setelah dibuka pada tahun 2021 dan alhamdulillah bisa berproses untuk menyelenggarakan asesmen lapangan akreditasi dari BAN-PT”, ujar Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep., Sp.Mat.

Lebih lanjut, Rektor juga menyampaikan salah satu keunggulan Prodi Hukum UNIMUGO yang ber- visi misi Hukum Progresif dan Humanis adalah sudah dibukanya Pusat Konsultasi Bantuan Hukum (PKBH) yang merupakan tempat pendampingan bantuan hukum bagi masyarakat tanpa dipungut biaya atau secara free/gratis, dan Prodi Hukum UNIMUGO adalah  satu-satunya Prodi Hukum di 5 perguruan tinggi yang ada di Kebumen.

 

Tinjau Sarana dan Prasarana Prodi Hukum UNIMUGO

Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi memerika dan memvalidasi sembilan kriteria borang akreditasi Prodi Hukum adalah Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran; Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama; Mahasiswa; Sumber Daya Manusia; Keuangan, Sarana dan Prasarana; Pendidikan; Penelitian; Pengabdian Kepada Masyarakat; Luaran dan Capian Tridaharma.

Kegiatan dimulai dengan proses tanya jawab kepada pengelola program studi, dosen, mahasiswa dan validasi dokumen. Selanjutnya, Prof Toto dan Prof Syamsul berkesempatan untuk meninjau langsung ke sarana prasana Prodi Hukum yang terdapat Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH), Ruang Peradilan Semu dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

“Melihat sarana dan prasarana Prodi Hukum UNIMUGO, kami pun ikut optimis kedepan UNIMUGO mampu bersaing dan bisa memperoleh hasil yang maksimal bisa dari jumlah mahasiswa dan peningkatan SDM yang ada” ungkap Prof Syamsul Bachri, S.H., M.H pada saat peninjauan.

Lebih lanjut Prof Toto Tohir, S.H., M.H menyampaikan,  “kami melihat potensi yang bagus di UNIMUGO dari iklim akademik dan sarana prasarana penunjang pembelajaran sangat mendukung, metode pembelajaran Prodi Hukum siap dipasarkan di kalangan masyarakat, apalagi prodi Hukum di Kebumen baru satu-satunya diantara 5 perguruan tinggi yang ada di Kebumen”.

Foto Bersama Asesor BAN-PT dan Tim Task Force Prodi Hukum (Dok.Humas UNIMUGO)

Dua dari Lima Dosen Hukum Peroleh Beasiswa BPI program Doktoral

Dr.Herniyatun, M.Kep., Sp.Mat menyampaikan bahwa UNIMUGO tengah konsentrasi meningkatkan SDM dosen Prodi Hukum yang saat ini sudah ada tiga dosen yang sedang menempuh di program Doktoral, dan 2 diantaranya sebagai penerima Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yaitu Kaprodi Hukum Deni Setiawan, M.H dan Kuni Nasikhatun Arifah, S.H., M.H selaku Manager Journal Jatijajar Law Riview.

“Kami juga optimis di tahun ketiga ini dari jumlah mahasiswa meningkat, dengan proses asesmen lapangan akreditasi Prodi Hukum diharapkan dapat memberikan atmosfir yang bagus kepada masyarakat di sekitar Kebumen untuk lebih mengenal dan meneruskan studi di UNIMUGO” tutup Herniyatun.